Minggu, 01 Februari 2015

Artikel

Yang Berlebihan Itu Nggak Baik

           Sikap berlebih-lebihan itu adalah sikap melampaui batas dalam segala bentuk perbuatan yang dilakukan oleh seorang manusia. Dalam agama kita dijelaskan bahwa kita tidak boleh berlebih-lebihan dalam segala hal. Secukupnya saja atau sederhana saja, karena yang berlebihan itu membawa madlarat. Seperti kita ketahui di Era Modern ini hidup konsumtif sudah menjadi kebiasaan. Padahal konsumtif tidaklah membawa manfaat. Dengan hidup konsumtif uang akan cepat habis, hanya digunakan berfoya-foya. Selain itu, juga membuat manusia memiliki rasa iri dan dengki serta dapat menimbulkan kecemburuan sosial dalam hidup bermasyarakat.
            Banyak hadist bahkan tercatat di Al-Qur’an tentang larangan dalam berlebih-lebihan dalam segala hal. Kenapa sih berlebihan itu nggak baik,?
Nih ya, berlebihan itu cuma bisa bikin kita rugi. Ya memang nggak semua, tapi pasti ada negatifnya. Contohnya, kalau kita makan yang berlebihan maka berat badan kita ikut lebih selain itu nggak baik juga buat kesehatan, nanti kekenyangan bikin malas melakukan segala hal positif. Selain itu, masih banyak lagi contoh-contoh yang lain. Mungkin kalian berfikir, “banyak uang enak tau..”. Memang,, jadi orang kaya itu enak bisa membeli banyak hal yang kita sukai dan inginkan. Tapi kalian juga harus ingat, semakin kita banyak uang semakin gencar syetan menggoda untuk melakukan hal yang menjerumuskan. Banyak uang bisa membuat kita lupa akan Alloh SWT yang telah memberikan rezeki. Sifat pamer dan sombong juga mudah sekali menempel kala kita punya uang yang banyak. Namun, semuanya tetap kembali ke kita. Kalau kita kuat iman InsyaAlloh hal-hal seperti di atas tidak akan terjadi.
Guys, bukan hanya dalam harta dan makan saja yang tidak boleh berlebihan. Namun, urusan perasaan juga nggak boleh berlebihan lho ya.. Cinta, Benci dan Suka. Ketiganya harus dirasa sesuai pada porsinya. Jangan lebih. Kalau untuk cinta dan suka kepada Alloh dan Rosul-Nya boleh lebih. Untuk sesama yang ada di bumi, NGGAK BOLEH.! :D Kenapa nggak boleh? Karna yang terlalu cinta bikin lupa sama Alloh. Bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika di tinggalkan oleh seseorang yang dicintai. Ujung-ujungnya nangis dan galau. Selain itu, rasa tidak ingin dia terluka bakal bikin kamu lebih mencintainya daripada dirimu sendiri. Dan itu nggak baik.
Terlalu membenci juga nggak baik. Karena, nanti pasti berujung pada rasa cinta. Nggak malu? Abis membenci jatuh cinta. Agama kita pun melarang kita saling membenci. Percaya deh, yang terlalu benci pasti jadi cinta. Pasti! Sesungguhnya, membenci itu bakal bikin kita lebih peduli dan memperhatikannya. Kita mencari kesalahannya agar bisa bertengkar, benar nggak?? :D Satu lagi yang nggak boleh berlebihan. Rasa suka. Janganlah menyukai sesuatu sampai fanatik. Bisa bikin kita buang-buang waktu untuk hal yang disukai. Kalau yang disukai ternyata punya kekurangan atau ada suatu hal yang nggak sesuai harapan, bakal kecewa berat. Selain itu, bikin kita lupa sama Alloh.
Maka dari itu, benci, sukai dan cintai semuanya sesuai pada porsinya. Jangan lebih kecuali untuk Alloh dan Rosul-Nya. Kalau untuk membenci mending dikurangin aja deh.. malah bakal lebih baik kalau dihilangkan. :D SEMANGATT.. Ma’af kalau artikel saya ada salah. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates